AKADEMIK
Profil dan Deskripsi | SIKAP (SN-DIKTI) a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan h. Memililki integritas yang tinggi dalam memajukan pendidikan IPA | |
Pendidik IPA: Guru/Instruktur/dosen IPA: Pendidik dan instruktur IPA untuk jenjang pendidikan dasar, menengah, atau pendidikan tinggi
| DESKRIPSI GENERIK KKNI LEVELN 8 | CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI |
KETERAMPILAN KHUSUS:
Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji, menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisiplin
|
Mampu merancang, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran IPA dan/atau yang serumpun pada pendidikan dasar, menengah (pedagogik), atau pendidikan tinggi (andragogik) dengan model pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif, dan efisien dengan mengacu pada hakikat pembelajaran IPA dan SCL. | |
Mampu menyelesaikan permasalahan IPA, pendidikan dan/atau pembelajaran IPA pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi secara interdisiplin atau multidisiplin.
| ||
Mampu memecahkan masalah pembelajaran IPA pada pendidikan dasar, menengah, atau pendidikan tinggi melalui ide-ide kreatif dan inovatif baik secara mandiri maupun kelompok yang dilakukan melalui riset dan pengembangan yang teruji, dikomunikasikan melalui forum ilmiah, dan/atau dipublikasikan melalui jurnal ilmiah terakreditasi/ tak terakreditasi pada level regional, nasional atau internasional. | ||
PENGETAHUAN:
Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan dan ketrampilan tertentu
|
Menguasai teori tentang IPA dan rumpunnya dan penerapannya untuk pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi
| |
Menguasai teori tentang pedagogi dan aplikasinya untuk pembelajaran IPA atau rumpunnya pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinnggi.
| ||
Menguasai teori dan teori aplikasi untuk mengembangkan pendidikan dan pembelajaran IPA atau rumpunnya pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi | ||
Konsultan pendidikan IPA: Konsultan pendidikan dan pembelajaran IPA untuk tenaga pendidik dan kependidikan IPA
| KETERAMPILAN KHUSUS:
Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji, menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisiplin
|
Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam penelitian dan pengembangan pembelajaran IPA sampai menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
Mampu memecahkan masalah Sainteks dalam pendidikan dan pembelajaran IPA | ||
Mampu mengelola penelitian dan pengembangan komponen pembelajaran IPA, seperti pengembangan kurikulum IPA, model-model pembelajaran IPA, media pembelajaran IPA, instrumen penilaian pembelajaran IPA, laboratorium IPA, dan pengembangan pembelajaran IPA berbasis IT. | ||
PENGRTAHUAN Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan dan ketrampilan tertentu
|
Menguasai teori-teori tentang IPA atau yang serumpun dan aplikasinya | |
Menguasai teori dan praktek untuk mengembangkan model-model pembelajaran dan perangkatnya untuk pembelajaran IPA yang efektif dan efisien | ||
Menguasai teori –teori pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran IPA | ||
Peneliti/Pengembang pendidikan dan pembelajaran IPA: · Peneliti tentang pendidikan dan pembelajaran IPA baik untuk level pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi dan mampu mempublikasikan dalam jurnal ilmiah secara regional, nasional, atau internasional. · Pengembang model-model pembelajaran IPA dan/atau perangkatnya baik untuk pedagogi maupun andragogi
| KETERAMPILAN KHUSUS:
Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji, menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisiplin
|
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam IPA atau yang serumpun dan pembelajarannya melalui penelitian hingga menghasilkan strategi pembelajaran berupa model-model pembelajaran beserta perangkatnya yang inovatif dan teruji. |
Mampu mencarikan alternatif solusi untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran IPA melalui kegiatan penelitian baik melalui pendekatan inter atau multidisiplin. | ||
Mampu mengelola dan melaksanakan penelltian dan pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA berupa model-model pembelajaran dan perangkatnya yang bermanfaat untuk peserta didik, para pendidik, dan tenaga kependidikan IPA yang hasilnya dikomunikasikan melalui jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional | ||
PENGETAHUAN Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan dan ketrampilan tertentu
| Menguasai metodologi penelitian pengembangan pendidikan IPA | |
Menguasai teori dan aplikasi teori belajar dan pembelajaran IPA untuk pedagogik dan andragogik | ||
Memahami kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan IPA | ||
Menguasi teknologi informasi yang menunjang kegiatan penelitian | ||
KETERAMPILAN UMUM a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional. b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
SMT | Matakuliah | Kode MK | SKS |
1 | Filsafat Ilmu | KPA2101 | 2 |
Landasan Kependidikan | KPA2109 | 2 | |
Teori Belajar | KPA2203 | 2 | |
Fisika Lanjut | KPA2116 | 2 | |
Biologi Lanjut | KPA2117 | 2 | |
Kimia Lanjut | KPA2118 | 2 | |
Bumi dan Antariksa | KPA2119 | 2 | |
Statistik Pendidikan | KPA2223 | 2 | |
Metodologi Penelitian Pendidikan dalam Media Pembelajaran IPA Inovatif*) | KPA2331 | 3 | |
Metodologi Penelitian Pendidikan dalam Model-model Pembelajaran IPA Inovatif*) | KPA2332 | ||
Total SKS | 19 | ||
2 | Authentic Assessment | KPA2218 | 2 |
Pengembangan Kurikulum | KPA2501 | 2 | |
Sains Agroindustri | KPA2502 | 2 | |
Praktik Pengalaman Lapangan | KPA2503 | 2 | |
Inovative Science Learning Media*) | KPA2215 | 2 | |
21st Century Science Teaching Model*) | KPA2216 | ||
STEAM in Inovative Science Learning Media*) | KPA2328 | 2 | |
STEAM in 21st Century STM*) | KPA2329 | ||
Telaah Jurnal dalam Inovative Science Learning Media*) | KPA2207 | 2 | |
Telaah Jurnal dalam 21st Century STM*) | KPA2208 | ||
Total SKS | 14 | ||
3 | Seminar Proposal | – | – |
Tesis | KPA2325 | 6 | |
Total SKS | 6 | ||
4 | Seminar Proposal | – | – |
Tesis | KPA2325 | 6 | |
Total SKS | 6 |