CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Profil dan Deskripsi

SIKAP (SN-DIKTI)

a.    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e.    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h.    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

j.      Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

h. Memililki integritas yang tinggi dalam memajukan pendidikan IPA

 

 

Pendidik IPA:

Guru/Instruktur/dosen IPA:  Pendidik dan instruktur IPA untuk jenjang pendidikan dasar, menengah, atau pendidikan tinggi

 

DESKRIPSI GENERIK KKNI LEVELN 8 CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

 

Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji,

menyelesaikan masalah dengan pendekatan

inter/multidisiplin

 

 

 

 

 

Mampu merancang, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran IPA dan/atau yang serumpun  pada pendidikan dasar, menengah (pedagogik), atau pendidikan tinggi (andragogik) dengan  model pembelajaran  yang inovatif, kreatif, efektif, dan efisien  dengan mengacu pada hakikat pembelajaran IPA dan SCL.

Mampu menyelesaikan  permasalahan IPA, pendidikan dan/atau pembelajaran IPA pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi  secara interdisiplin atau multidisiplin.

 

Mampu memecahkan masalah pembelajaran IPA pada pendidikan dasar, menengah, atau pendidikan tinggi melalui ide-ide  kreatif dan inovatif baik secara mandiri maupun kelompok yang dilakukan melalui riset dan pengembangan yang teruji, dikomunikasikan melalui forum ilmiah,  dan/atau  dipublikasikan melalui jurnal ilmiah terakreditasi/ tak terakreditasi pada level regional, nasional atau internasional.

PENGETAHUAN:

 

Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan

dan ketrampilan tertentu

 

 

 

 

Menguasai teori tentang IPA dan rumpunnya dan penerapannya untuk pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi

 

Menguasai  teori tentang pedagogi dan aplikasinya untuk pembelajaran IPA atau rumpunnya pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinnggi.

 

Menguasai teori  dan teori aplikasi untuk mengembangkan pendidikan dan pembelajaran IPA atau rumpunnya pada pendidikan dasar, menengah, dan/atau pendidikan tinggi

Konsultan pendidikan IPA: Konsultan pendidikan dan pembelajaran IPA untuk tenaga pendidik dan kependidikan IPA

 

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

 

Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji,

menyelesaikan masalah dengan pendekatan

inter/multidisiplin

 

 

 

 

Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam penelitian dan pengembangan pembelajaran IPA sampai menghasilkan karya  inovatif dan teruji.

Mampu memecahkan masalah Sainteks dalam pendidikan dan pembelajaran IPA
Mampu mengelola penelitian dan pengembangan  komponen pembelajaran IPA, seperti  pengembangan kurikulum IPA, model-model pembelajaran IPA, media pembelajaran IPA, instrumen penilaian pembelajaran IPA, laboratorium IPA, dan pengembangan pembelajaran IPA berbasis IT.

PENGRTAHUAN

Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan

dan ketrampilan tertentu

 

 

Menguasai teori-teori  tentang  IPA atau yang serumpun  dan aplikasinya

Menguasai teori  dan praktek untuk mengembangkan model-model pembelajaran dan perangkatnya untuk pembelajaran IPA yang efektif dan efisien
Menguasai teori –teori pembelajaran dan aplikasinya dalam pembelajaran IPA

Peneliti/Pengembang pendidikan dan pembelajaran IPA:

·      Peneliti tentang pendidikan dan pembelajaran IPA baik untuk level pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi dan mampu mempublikasikan dalam jurnal ilmiah secara regional, nasional, atau internasional.

·      Pengembang model-model pembelajaran IPA dan/atau perangkatnya baik untuk pedagogi maupun andragogi

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

 

Mengembangkan IPTEKS melalui riset, inovasi dan teruji,

menyelesaikan masalah dengan pendekatan

inter/multidisiplin

 

 

 

 

 

Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam IPA atau yang serumpun dan pembelajarannya melalui penelitian hingga menghasilkan strategi pembelajaran berupa model-model pembelajaran beserta perangkatnya yang inovatif dan teruji.

Mampu mencarikan alternatif solusi untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran IPA melalui kegiatan penelitian baik melalui pendekatan inter atau multidisiplin.
Mampu mengelola dan melaksanakan penelltian dan pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA berupa model-model pembelajaran dan perangkatnya yang bermanfaat untuk peserta didik, para pendidik, dan tenaga kependidikan IPA yang hasilnya dikomunikasikan melalui jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional

PENGETAHUAN

Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan

dan ketrampilan tertentu

 

Menguasai metodologi penelitian pengembangan pendidikan IPA
Menguasai teori dan aplikasi teori belajar dan pembelajaran IPA untuk pedagogik dan andragogik
Memahami kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan IPA
Menguasi teknologi informasi yang menunjang kegiatan penelitian

KETERAMPILAN UMUM

a.    Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.

b.    Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

c.     Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

d.    Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

e.    Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

f.     Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

g.    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.