Kuliah Umum

Jember, 20 Mei 2017

Dr. Md. Anowar Hossain, Director Natore Institute of Education and Research Bangladesh memberikan materi kuliah dengan tema “Methodology and Trend Research of Natural Science Education”, yang dilaksanakan di Program Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember pada tanggal 20 Mei 2017.

Dalam penyampaian materi tersebut, beliau juga menceritakan sepenggal pengalamannya tentang metode penelitian yang sesuai dengan perkembangan penelitian pembelajaran IPA.

Penelitian untuk pendidikan IPA sangat terkait erat dengan penelitian dalam pembelajaran IPA. Penelitian pendidikan dapat menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif, naturalistik. Penelitian pendidikan IPA dapat pula menggunakan metode pengembangan, penelitian dan pengembangan (R&D), mixed methods, deskriptif, survei, lapangan, kasus. Penelitian pembelajaran IPA selain mengungkap miskonsepsi, conceptual changes, konstruktivisme sosial dalam hal konsep sains, dapat diintegrasikan dengan penyisipan dan penanaman nilai-nilai sains di dalamnya. Nilai-nilai yang dimaksud antara lain adalah nilai moral, nilai praktis, nilai intelektual, nilai religius, nilai sosial-ekonomi, dan nilai pendidikan.

Kuliah tamu terbut diselenggarakan untuk memberi pengetahun kepada seluruh mahasiswa Program Magister Pendidikan IPA terhadap penelitian pendidikan IPA diupayakan yang bermanfaat bagi kehidupan. Penelitian pendidikan IPA tidak terbatas pada penelitian di dalam kelas tentang pembelajaran. Banyak aspek lain yang dapat diangkat menjadi penelitian pendidikan sains, seperti kearifan lokal yang ditransfer dalam kelompok-kelompok budaya tertentu dari satu generasi ke generasi berikutnya, selain pengembangan penalaran dan berpikir tingkat tinggi.

fenomena ekonomi yang terjadi di Indonesia selama ini dengan mengatakan dengan mengatakan bahwa keadaan ekonomi dunia saat ini sedang sakit. ‘’Oleh karena itu, yang harus kita pikirkan adalah daya beli masyarakat kelompok menengah ke bawah. Sebab, mereka yang paling merasakan dampak krisis ekonomi tersebut.’’ Imbuhnya

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh mahasiswa Program Magister Pendidikan IPA turut dihadiri oleh Kaprodi Prof. Dr. Sutarto, M.Pd.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *